AKUOKE

Tata Cara Pembuatan Kliping yang Benar
2 years ago · 1 MIN READ

post

Bagi sebagian orang yang pernah sekolah di era 90an mungkin sudah tidak asing lagi dengan kegiatan yang satu ini. Pembuatan kliping kerap menjadi salah satu tugas sekolah yang diberikan kepada siswa – siswinya. Sumber pembuatan kliping sendiri biasanya dari beberapa media seperti koran, majalah, tabloid dan juga buku. Kegiatan ini merupakan kegiatan dimana kita pada nantinya akan memotong gambar tertentu pada media tersebut lalu menempelkannya pada buku atau media yang kita miliki. Kini tidak sulit untuk mencari contoh kliping bagi yang ingin membuatnya. Akan tetapi, ada beberapa tata cara pembuatan yang perlu anda perhatikan agar pembuatan kliping dapat sesuai dengan aturan.

1 . Menyediakan Alat – Alat

Ada banyak sekali peralatan yang perlu anda persiapkan pada saat akan melakukan pembuatannya. Beberapa peralatan tersebut diantaranya seperti media untuk mencari gambar seperti majalah, koran, tabloid dan lain sebagainya. Seiring dengan perkembangan zaman yang kian maju kini anda bisa mencarinya melalui internet dengan cara di printing. Setelah bahan kliping siap, lalu persiapkan juga berbagai macam peralatan lain untuk pembuatannya seperti gunting, penggaris dan juga lem. Bagi yang ingin menghias klipingnya, anda bisa menyiapkan juga beberapa peralatan untuk menghiasnya. Siapkan juga kertas HVS untuk menempelkan bahan kliping tadi.

2 . Proses Penempelan

Sebenarnya tidak ada sistem yang baku dalam penempelan gambar pada kliping ini sehingga kita bisa bebas menempelnya akan tetapi harus tampak rapih dan memiliki nilai estetika yang baik. Agar halaman menjadi semakin menarik untuk dibaca, alangkah baiknya anda melakukan proses penempelan kliping ini seperti halnya merangkai bunga agar tampak nyaman untuk dipandang. Setelah selesai menempelkan kliping, jangan lupa juga untuk membuat cover atau sampul kliping agar tampak lebih menarik sehingga orang tertarik untuk membacanya . Jangan lupa juga untuk menyisakan satu atau dua lembar kertas HVS di depan sebagai daftar isi.

3 . Sistematika Penyusunan

Untuk mempermudah berikut akan saya paparkan sistematika penyusunan Kliping untuk pembuatannya: pertama sampul kliping, kata pengantar kliping, daftar isi kliping, isu atau pembahasan, kesimpulan dan saran serta yang terakhir daftar pusaka yang tak kalah penting dalam penyusunannya. Contoh kliping ini merupakan salah satu contoh yang benar dan juga tepat bagi anda yang kini berencana untuk membuatnya.

Itulah ketiga tips yang perlu anda ketahui dalam pembuatan kliping untuk berbagai keperluan seperti tugas sekolah ataupun kuliah.

berikan komentar

ARTIKEL BERMANFAAT DAN MENGHIBUR LAINNYA

comments powered by Disqus