AKUOKE

Bagi Kamu Yang Sering Boros, Berikut Ini Tips Untuk Menghemat Kondisi Keuangan Ala Mahasiswa
2 years ago · 2 MIN READ

post

Saat-saat tanggal tua tentunya banyak yang menjadikan kamu semua menjadi lebih sering dalam melihat isi dompet. Apalagi jika kamu seorang mahasiswa yang pergi merantau jauh dari kampung halaman dengan mengandalkan “gaji” dari orang tua sebagai bekal untuk keperluan sehari-hari tentunya akan merasa was-was saat kiriman belum juga datang.

Hal ini tentu berbeda saat kamu masih SMP atau SMA yang bisa meminta uang secara langsung ke ortu saat kehabisan bekal. Untuk kamu yang hidup ngekost haruslah pintar dalam menghemat keuangan yang dimiliki jangan sampai sebelum akhir bulan datang kamu sudah mengalami penyakit kanker (kantong kering) sebelum kiriman datang.

Untuk bisa lebih berhemat dalam menjalani perjalanan selama kamu ngekost yang jauh dari kampung halaman saat mahasiswa. Tips-tips berikut ini bisa dilakukan sebagai cara hidup yang super hemat. Berikut penjelasannya.

1. Buat prioritas dalam daftar belanja.

Saat kamu akan membeli berbagai barang kebutuhan untuk keperluan sehari-hari atau untuk keperluan kuliah. Alangkah baiknya kamu buat terlebih dahulu daftar belanja yang memang penting, super penting, dan juga tidak terlalu penting untuk dibeli. Dengan membuat daftar yang jelas kamu akan bisa menentukan barang mana yang memang sangat dibutuhkan dan harus dibeli dan barang mana yang tidak terlalu penting atau masih bisa diakali dengan meminjamnya. Melakukan cara seperti ini akan membuat kamu menjadi lebih berhemat dengan pengeluaran yang harus dilakukan. Untuk tips ini hindari juga belanja berbagai barang yang memang tidak penting dan menahan diri untuk tidak shoping yang tidak penting.

daftar belanja.jpg

2. Coba masak sendiri.

Jika kamu tinggal di kostan yang memungkinkan untuk bisa masak sendiri misalnya dengan menanak nasi. Dengan cara begitu kamu hanya perlu membeli lauknya saja tanpa harus memikirkan nasinya. Apalagi jika kamu pandai memasak tentunya bisa sekaligus memasak lauknya sehingga selain berhemat ada penyaluran untuk bakat memasak kamu.

masak sendiri di kosan.jpg

3. Usahakan untuk bisa nebeng teman.

Jika kamu memiliki tempat kost yang jah dari kampus tentu harus ada ongkos tambahan sebagai transportasi. Dari itu kamu bisa memanfaatkan untuk nebeng teman yang memang searah dan mempunyai kendaraan sendiri. Untuk hal ini supaya kamu tidak merasa malu karena harus nebeng, maka sesekali kamu bisa membayarkan bensin untuk kendaraan temanmu, itung-itung sebagai ucapan terima kasih gitu. Dengan cara ini kamu jadi tidak perlu malu lagi untuk sekedar nebeng bersama teman.

nebeng teman.jpg

4. Berhenti merokok.

Untuk kamu para mahasiswa yang suka merokok sebaiknya mulai sekarang buat perjanjian dengan diri sendiri bahwa kamu akan berhenti merokok. Selain merugikan untuk kesehatan diri mempunyai kebiasaan merokok bisa membuat keuanganmu menjadi sangat boros. Apalagi jika merokok hanya sebatas gaya-gayan sebaiknya jauhi dari sekarang. Ambil contoh saja jika sehari kamu merokok satu bungkus dengan harga Rp. 15.000 maka jika dikali seminggu atau dikali sebulan tentu uang yang harus dikeluarkan akan sangat banyak. Jadi berhentilah merokok mulai sekarang.

berhenti meroko.jpg

5. Jadilah mahasiswa yang aktif diorganisasi.

Dengan kamu aktif diorganisasi maka akan ada pengorbanan untuk waktu, tenaga, pikiran, dan sebagainya. Akan tetapi dengan menjadi seorang aktifis tentunya akan selalu ada kegiatan-kegiatan yang membuat kamu menjadi lebih berhemat dalam pengeluaran karena akan selalu ada kegiatan yang membuat kamu bisa makan bareng bersama teman yang lain alias gratis. Belum lagi adanya kelebihan dana untuk kegiatan yang dilakukan.

aktif beroganisasi.jpg

berikan komentar

ARTIKEL BERMANFAAT DAN MENGHIBUR LAINNYA

comments powered by Disqus