mata lelah

Cara Tepat Mencegah Mata Lelah

Meski bukan hal yang serius dan lumrah terjadi apalagi di era sekarang dimana orang-orang sangat sering menatap layar monitor atau gadget, mata lelah sebaiknya dihindari. Pasalnya jika dibiarkan kondisi tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas.

Jika kondisi tersebut tidak ingin menimpa pada diri Anda, maka sebaiknya Anda melakukan pencegahan dengan cara berikut ini:

  1. Atur pencahayaan ruangan

Cara mencegah terjadinya kelelahan yang pertama, Anda bisa memulainya dengan mengatur pencahayaan ruangan. Pastikan ruangan tempat Anda menggunakan komputer, laptop atau gadget memiliki pencahayaan yang cukup. Cukup disini artinya tidak terlalu terang atau pun sebaliknya tidak juga terlalu redup.

Pasalnya, jika cahaya ruangan terlalu terang maka dapat menyebabkan silau. Sementara itu, jika pencahayaannya terlalu redup maka hal tersebut  bisa memaksa mata untuk bekerja lebih keras sehingga mata rentan lelah.

  1. Atur pencahayaan gadget

Seperti yang kita ketahui bersama, gadget atau handphone merupakan kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat. Sering menatap gadget dalam waktu yang lama tentu bisa menyebabkan terjadinya kelelahan pada mata.

Untuk meminimalisir hal tersebut, Anda sebaiknya mengatur tingkat kecerahan layar gadget Anda. Pasalnya layar yang terlalu terang dapat menyebabkan mata cepat lelah. Selain mengatur pencahayaannya, alangkah baiknya jika Anda memasang layar anti-glare pada gadget Anda untuk mengurangi pantulan cahaya yang mengganggu.

  1. Atur kontras

Selain pencahayaan, Anda juga sebaiknya mengatur kontras yang tepat pada layar monitor. Meski setiap orang memiliki preferensi kontras yang berbeda-beda, akan tetapi pastikan untuk Anda tidak mengatur kontras yang terlalu tinggi, ya!

Kontras yang terlalu tinggi bisa membuat mata Anda cepat lelah. Selain itu, coba juga untuk mengatur tingkat warna pada layar Anda. Perlu diketahui, tingkatan warna yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah dapat mempengaruhi spektrum cahaya yang dipancarkan oleh layar sehingga mempengaruhi kenyamanan mata Anda.

Itulah dia beberapa cara melakukan pencegahan kelelahan pada mata. Jika Anda sudah terlanjur mengalami mata lelah, maka segeralah atasi kondisi tersebut dengan meneteskan 2-3 kali tetesan Insto. Kandungan didalamnya akan segera mengembalikan kondisi mata Anda seperti semula.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *